Rabu, 11 September 2013

Drama dalam mata kuliah konseling dan komunikasi bidan dan pasien (sebaliknya)

devita chandra dewi- jerrly novitasari(saya)
kami memenuhi tugas mata kuliah komunikasi dan konseling dalam kebidanan

NASKAH DRAMA
KONSELING MASALAH ANEMIA
PADA REMAJA PUTRI

Devita Chandra Dewi à Bidan
Jerrly Novitasari à Remaja

Jerrly   : Assalamualaikum..
Bidan Devi      : Iya, waalaikumsalam. Silahkan masuk.” (Menjawab salam dan mempersilahkan masuk). Silahkan duduk. Eh adik Jerrly,, Ada yang bisa saya bantu de Jerrly?
Jerrly   : Begini Bu Bidan Saya beberapa hari ini merasa tubuh saya ini lemas, lesu, letih, mudah lelah bahkan tadi dikelas waktu mau duduk dan mau berdiri mata saya berkunang-kunang, saya kenapa ya bu bidan? ( Dengan wajah Lesu dan senyum kecil )
Bidan Devi      : ya.. ade itu tandanya ade lagi anemia. Saya periksa dulu ya Hb nya ade jerrly, mana sini tangannya de ya, maaf ya kalau sedikit sakit.
Jerrly   : iya ini ibu tangan saya silahkan diperiksa.
Bidan Devi      : nah ini kadar Hb nya ade jerrly hanya 10 saja. Sebelumya ade jerrly beberapa hari ini apakah melakukan Diet atau lagi menstruasi ? (Dengan lemah lembut)
Jerrly   : ohh bearti Kadar Hb saya kurang ya bu. Emm Saya tidak diet ibu tapi ya sudah dua hari ini saya lagi menstruasi ibu, apa hubungannya ibu y menstruasi dengan anemia?
Bidan Devi      : iya de kadar Hb ade Jerrly dibawah normal, normal kadar Hb kan > 12 de. Ohh begitu Ya pasti ada hubungannya ade, hubungannya dengan menstruasi karena menstruasi otomatis mengeluarkan darah, anemia itukan terjadi bila jumlah sel darah merah berkurang. Nah dengan berkurangnya hemoglobin atau darah merah tadi, tentu kemampuan sel darah merah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh berkurang. Akibatnya, tubuh kita kurang mendapat pasokan oksigen, yang menyebabkan tubuh lemas dan cepat lelah.
Jerrly   : Oh begitu ya bu. Jadi apa yang harus saya lakuakan?
Bidan Devi      : Yang ade harus lakukan adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan bergizi. Seperti Makan makanan yang banyak mengandung zat besi dari bahan makanan hewani (daging, ikan, ayam, hati, telur) dan bahan makanan nabati (sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tempe), Makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C (daun katuk, daun singkong, bayam, jambu, tomat, jeruk dan nanas) sangat bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi dalam usus. Kemudian karena ade lagi haid maka saya berikan Tablet tambah darah untuk  mengganti darah yang hilang.
Jerrly   : iya ibu terimakasih ya saya akan patuh dengan nasehat ibu tapi bagaimana cara meminum tablet tambah darah apakah boleh diminum selain dengan air putih ?
Bidan Devi      : Minumnya 1 Tablet Tambah Darah seminggu sekali dan karena ade lagi haid maka diminum 1 tablet setiap hari selama haid. Sebaiknya Minum Tablet Tambah Darah dengan air putih saja, jangan minum dengan teh, susu atau kopi karena dapat menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh sehingga manfaatnya menjadi berkurang.
Jerrly   : Terimakasih banyak informasinya ibu bidan, nanti saya akan rutin minum tablet tambah darah nya setiap hari selama haid, emm.. semua berapa ibu ya ? ( dengan senyum yang mengembang )
Bidan Devi      : ya sama-sama de.. untuk tamblet tambah darahnya semua Rp 15000 de..
Jerrly   : ini ibu uangnya (memberi uang kepadaa ibu  bidan). Terimakasih ibu saya pulang Assalamualaikum ..
Bidan Devi      : iya ade sama-sama ya jangan lupa pesan saya tadi ya.. semoga cepat sembuh, wa’alaikumsalam...!

Sesampainya Jerrly dirumahnya ia pun makan Sore dengan menggunakan nasi,sayur dan daging ayam setelah selesai makan tidak lupa ia meminum tablat penambah darah . Beberapa hari kemudiaan iya pun sembuh dari Anemia.


SEKIAN !!! JJJ



NASKAH DRAMA
KONSELING MASALAH GANGGUAN MENSTRUASI
“OLIGOMENORE”
PADA REMAJA PUTRI

Jerrly Novitasari à Bidan
Devita Chandra Dewi à Remaja


Devi    : Assalammualaikum,,, ibu, bu bidan ...
Bidan Jerrly     : waalaikumsaalam,, iya,, sebentar... masuk-masuk... silahkan duduk.
Devi    : iya bu bidan, maaf mengganggu bu... bu saya ada masalah nih....
Bidan Jerrly     : tidak apa-apa, iya. Ada masalah apa? Nanti saya bantu.
Devi    : begini bu, saya ini ada masalah dengan menstruasi saya, saya mengalami haid dua bulan sekali, saya takut bu bidan. Nanti dapat mengganggu kesuburan saya. Saya sakit apa bu?
Bidan Jerrly     : oh, siklus haidnya tidak teratur ya, terjadinya sering dua bulan sekali. Saya periksa tekanan darahnya dulu ya.
Devi : iy bu bidan
Bidan Jerrly : tekanan darahnya normal, Dek devi mengalami gangguan menstruasi yaitu terkena oligomenore. Tapi itu tidak apa-apa bukan masalah yang serius.
Devi    : oh gitu bu ya, saya berarti terkena masalah gangguan haid ya
oligomenore. Bu berikan saya penjelasan bu tentang masalah yang saya derita bu?
Bidan Jerrly     : oligomenore itu suatu keadaan dimana siklus haid memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah peredaran tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami haid yang lebih jarang dari biasanya. Penyebab biasanya  karena terjadi akibat adanya gangguan keseimbangan hormonal. Gangguan hormone tersebut menyebabkan lamanya siklus haid normal menjadi memanjang, sehingga haid menjadi lebih jarang terjadi. Oligomenorea sering terjadi pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama ataupun beberapa tahun menjelang terjadinya menopause. Oligomenorea
a.    Stress dan depresi
b.    Gangguan makanan (anoreksia nervosa, bulimia)
c.    Penurunan berat badan berlebihan
d.   Olahraga berlebihan, missal : atlet
e.    Adanya kelainan pada struktur trahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah haid
f.     Seringnya penggunaan obat-obat tertentu
Begitu dek devi, kalau boleh tahu dek devi kapan haid pertama?
Devi    : oh gitu ya bu bidan. Saya pertama  haid sekitar kelas enam SD. Masalah ini terjadi saat-saat saya kuliah sebelumnya tidak pernah. Gimana cara penyembuhannya ya bu bidan? Apakah itu berarti tidak mengganggu kesuburan saya bu
Bidan Jerrly : iy , cara penyembuhannya adek devi dapat melakukan aktifitas yang tidak terlalu berat, jangan terlalu mudah untuk stress atau tertekan, meningkatkan konsumsi makanan bergizi. Seperti Makan-makanan seperti daging, ikan, ayam, hati, telur dan bahan makanan nabati (sayuran berwarna hijau tua, kacang-kacangan, tempe), dan buah-buahan. Tidak meminum obat-obat yang sembarangan yang dapat mengganggu , tidak melakukan diet yang berlebihan dapat melakukan penyuntikan hormon. Itu saja adek bisa kan menghindari itu. Kalau maslah tingkat kesuburan tidak berpengaruh karena ini masih dalam tingkat masa subur tetap jika haid terjadi 3 bulan sekali atau lebih itu baru bahaya. Sudah mengerti kan sekarang.
Devi : iya bu bidan, mungkin karena saya kurang istirahat dan terlalu setress dengan tugas yang banyak saat kuliah ini. Terimakasih banyak informasinya ibu bidan, Nanti saya akan lebih bisa mengatur pola istirahat saya bu bidan . ya sudah itu saja bu bidan. emm.. semua berapa ibu ya ? ( dengan senyum yang mengembang )
Bidan jerrly : iya dek tidak apa-apa, nanti jika masih ada masalah soal haidnya kemari saja. Jadi Rp10.000 saja.
Devi : ini ibu uangnya (memberi uang kepadaa ibu  bidan). Terimakasih ibu saya pulang Assalamualaikum ..
Bidan Jerrly     : iya ade sama-sama ya jangan lupa pesan saya tadi ya.. semoga cepat sembuh, wa’alaikumsalam...!

Sekian dan terima kasih JJJ





1 komentar:

  1. thanks buat postingannyaaa,,,
    drama yang menarik,,, sukses buat blog nyaa,,,, :)
    salam http://apliabelina.student.ipb.ac.id/

    BalasHapus